Palembang, Detik Sumsel – Dalam rangka berkontribusi nyata dalam pembangunan pertanian dan ekonomi berkelanjutan (green economy), serta untuk mewujudkan misi menciptakan agripreneur muda dan mensejahterahkan petani, nelayan, serta pelaku UMKM di sektor pertanian/agribisnis secara berkelanjutan, maka diperlukan suatu konsep dan strategi untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, Patani hadir dengan suatu konsep yang disebut “Kampung Patani”

Kanwil Kampung Patani ditunjuklah H Ahmad Aman Astra Ramli MSE MH mengatakan, Kampung Patani adalah konsep model membangun suatu kawasan berbasis pertanian dalam arti luas (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan), secara terpadu, ramah lingkungan (berkelanjutan) dan memberi nilai tambah, yang mampu mensejahterahkan petani, nelayan, dan pelaku UMKM di kawasan tersebut.

“Kampung Patani dibentuk berdasarkan kesesuaian dengan kondisi agro ekosistem dan kearifan lokal dalam kawasan setempat serta memperhatikan kondisi sosial budaya, dan ekonomi,” kata Aman usai Launching kantor Patani diseluruh Propinsi yang berada di Indonesia, Jumat (11/6).

Baca Juga : Herman Deru Dorong Penerapan Aspal Karet Lateks di Sumsel

Dalam Launching tersebut, dikukuhkanlah Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Tokoh Patani, dan kegiatan ini diselenggarakan melalui Vicon. Dalam launching kantor Kampung Patani ini diikuti langsung oleh beberapa propinsi seperti , Propinsi Jawa Barat, Kepri, Maluku Utara, kalimantan utara, Bangka Belitung, Palembang, dan beberapa propinsi lainnya.

“Kampung Patani terbentuk atas ide dan gagasan dari H Sarjan Tahir, dimana menurut dari pandangan beliau yang melihat kondisi negara yang sedang mengalami pandemi Covid maka timbullah ide ini untuk menguatkan ketahanan pangan dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui generasi muda yang mampu dan siap membangun serta membangkitkan kembali Indonesia melalui program dari Kampung Patani ini,” jelas Aman.

“Kampung Patani telah terbentuk disetiap propinsi yang ada di Indonesia, dan H Sarjan Tahir sebagai Direktur Utamanya menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Tokoh dari Kampung Patani,” sambubnya.

H Ahmad Aman Astra Ramli MSE MH yang juga tokoh pemuda Sumsel mendapat kesempatan Vicon ( virtual Confrence ) berbicara dengan AHY. Dalam diskusinya, AHY secara langsung juga memberikan apresiasinya kepada Aman Ramli, atas semangat dan kesiapannya dalam membentuk kepengurusan Kampung Patani yang ada di Sumsel, dan AHY juga berjanji akan segera berkunjung ke Sumsel dan bertatap muka langsung dengan kepengurusan Kampung Patani yang ada di Sumsel, terutama di Palembang, ucap AHY.

“Selaku Kanwil Patani Propinsi Sumsel siap untuk bergerak bersama sama dan siap mengandeng pemuda untuk membangun dan mengembangkan Kampung Patani propinsi Sumsel sehingga Sumsel dalam menghadapi pandemi covid 19 dapat meningkatkan Ketahanan Pangan dan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat Kepri benar benar maju dan sejahtera sesuai dengan Semboyan Kampung Patani yaitu ” Make Farmers Happier ” dan semua itu insya Allah dapat terwujud bersama AHY PEDULI,” tegasnya. (Bet)

(sumber : https://www.detiksumsel.com/)

Share this post on: